Baca Berita

BPSK Tuntaskan Masalah Konsumen Di Luar Pengadilan

Oleh : | 13 Juni 2013 | Dibaca : 1769 Pengunjung

Denpasar (beritadewata.com) - Konsumen di Indonesia yang memiliki permasalahan dengan pihak pengusaha dapat melaporkan kasus sengketanya ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Keberadaan BPSK ditetapkan oleh Keputusan Presiden dan bertugas untuk menuntaskan masalah yang dihadapi konsumen dengan pelaku usaha.
 
" Kasus sengketa tertinggi di Bali terjadi pada bidang properti, dikarenakan pelaku usaha menawarkan bahan material yang tidak sesuai ketentuan, " kata Dirjen Standarisasi Dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak kepada wartawan usai pelantikan anggota BPSK terpilih di Denpasar, Kamis (13/6) siang.
 
Menurutnya, permasalahan konsumen tidak hanya terjadi dengan pelaku usaha di Indonesia namun bisa juga dengan negara lainnya. Melalui dibentuknya BPSK ini yang akan dipercaya oleh  konsumen dalam menyelesaikan kasus sengketanya dengan pelaku usaha secara cepat di luar pengadilan.
 
" Di Indonesia terdapat 503 kabupaten dan kota, namun hanya 99 yang memiliki BPSK masih aktif dan 49 tidak memiliki kesekretariatan, " ujarnya.
 
Dari 99 BPSK di Indonesia telah menyelesaikan 1250 kasus sengketa ditahun 2013 ini. Khusus untuk di Provinsi Bali saat ini hanya memiliki 1 BPSK yaitu di Kota Denpasar, maka dari itulah Ishak menginginkan disetiap kabupaten memiliki BPSK.


Oleh : | 13 Juni 2013 | Dibaca : 1769 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :